Kamis, 13 Desember 2012

Manfaat Lada Untuk Kesehatan


Manfaat Lada Untuk Kesehatan
http://prabuhelaudinata.blogspot.com/2012/12/manfaat-lada-untuk-kesehatan.html
Lada / Merica
Merica adalah sebutan lain dari lada yang sering diistilahkan oleh ibu rumah tangga. Negara Indonesia adalah Negara yang mempunyai komoditas dari merica. Karena kandungan alkolid piperin dari lada sehingga sering digunakan sebagai bumbu penyedap rasa. Manfaat lada untuk kesehatan, dapat melancarkan aliran darah di sekitar kepala dan melonggarkan saluran pernapasan. Sensasi rasa pedas merica pada bumbu masakan sangat cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, mual akibat masuk angin dan perut kembung.

Makan-makanan yang dimasak menggunakan merica sangat baik untuk kesehatan, contohnya sup, rica-rica dan steak. Lada mempunyai dua jenis yaitu lada hitam dan lada putih. Lada putih yaitu lada yang dipetik pada saat sudah matang. Kemudian kulitnya dikupas dengan cara merendam dalam air mengalir selama dua minggu, lalu selama tiga hari dijemur. Sedangkan lada hitam adalah lada yang dipetik pada saat sudah matang tapi kulitnya masih hijau, dan tanpa direndam terlebih dahulu langsung dijemur.

Tidak banyak orang yang tahu kalau lada hitam memiliki sifat lebih yang sehat. Rempah-rempah yang satu ini sangat bermanfaat bila digunakan dalam berbagai resep dan sebagai bumbu dapur.

Times of Health, Selasa (7/2/2012) menyatakan bahwa, studi penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam memiliki cukup beberapa sifat sehat. Salah satu manfaat dari lada hitam untuk menstimulasi perut dalam meningkatkan pencernaan sendiri, yaitu asam klorida. Kandungan antioksidan juga terdapat dalam lada hitam.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut manfaat dari lada hitam:

Manfaat untuk perut: sangat membantu pencernaan karena sekresi asam klorida dalam lambung akan meningkat. Penting agar menghindari diare, kolik dan konstipasi untuk mencapai pencernaan yang tepat. Fungsi lainnya untuk mencegah pembentukan gas usus dan untuk diet karena membuat berkeringat dan buang air kecil.

Digunakan untuk menurunkan berat badan: lapisan luar lada membantu dalam pemecahan sel lemak. Oleh sebab itu, makanan yang pedas dapat membantu Anda melepaskan berat badan.

Bagi kulit: dapat menyembuhkan vitiligo, sedangkan vitiligo adalah penyakit kulit yang menyebabkan beberapa wilayah kulit kehilangan pigmen normal dan menjadi putih. Kandungan piperin yang ada pada lada sangat membantu untuk merangsang kulit untuk memproduksi pigmen, hal ini diungkapkan dari penelitian di London. Kombinasi dalam pengobatan topical piperin yaitu dengan mengkombinasikan terapi cahaya ultra violet jauh lebih baik dibandingkan untuk perlakuan lainnya untuk vitiligo. Kemungkinan lainnya yaitu mengurangi kemungkinan kanker kulit akibat radiasi ultraviolet berlebih.

Membantu meringankan dingin dan batuk: merica ditambahkan dalam tonik untuk dingin dan batuk. Rasa sakit yang timbul akibat sinusitis dan hidung tersumbat dapat dikurangi dengan lada hitam.
Membantu melawan infeksi, gigitan serangga karena lada hitam mempunyai sifat antibakteri. Lada juga bermanfaat pada proses diet membantu untuk menjaga arteri Anda bersih.

Merupakan antioksidan yang baik: akibat dari radikal bebas dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti lada dan dengan demikian sangat membantu dalam pencegahan kanker, masalah hati, penyakit jantung dan kanker.

Lada dapat digunakan untuk pengobatan pernapasan seperti asma, batuk berdahak dll. Pada zaman kuno, lada banyak digunakan untuk mengobati masalah mata.

Dengan demikian, disamping untuk memperbaiki rasa, ternyata dengan menambahkan lada dalam masakan sangat membantu kesehatan Anda terutama kesehatan pencernaan.

Perhatian: Lada dapat menyebabkan bersin. Pasien yang pernah menjalani operasi perut tidak harus mengambil diet merica yang ditambahkan dengan lada karena memiliki efek iritasi pada usus. Hal ini juga tidak baik bagi penderita bisul. Lada hitam tidak harus diambil dalam konsentrasi tinggi.


itulah  Manfaat Lada Untuk Kesehatan
sumber dari: tipskesehatan.web.id
Baca Juga Artikel Menarik Dibawah Ini :
Dapat uang melalui internet

~ Team Penerbit ~ prabu ~ Jobs Police RI ~ Blogger Indonesia Raya ~

Prabu Helau DinataPenulis » prabu

Anda Telah Membaca Artikel Ber Judul » Manfaat Lada Untuk Kesehatan Label » Home » Prabu Helau Dinata

Terimakasih Atas Kunjungan Sobat Ke Blog Ini. Tinggalkan Jejak Dengan Cara Berkomentar Jangan Segan Untuk Kembali Bila Ingin Membaca Artikel Menarik terbaru Lainnya, Andai Menurut Sobat Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Share Via Share Button Diatas, Bila Sobat Berniat Share Dengan Cara COPAS, Di Mohon Untuk Menyertakan Link Sumber Dibawah

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

  1. memang kaya sekali alam indoensia tercinta ini tinggal kita bisa menggali potensinya . . .!!!!

    BalasHapus

Warning !!!!!! Dilarang Meninggalkan Link Aktif Di Isi Komentar, Dilarang Menggunakan Kata/Kalimat Atau Nama Berbau Porno & SARA



◄ Posting Baru Posting Lama ►