Sabtu, 05 Januari 2013

Galileo Galilei


Galileo Galilei  

Galileo lahir di Pisa Tahun 1564. Selagi muda belajar di Universitas Pisa tetapi terhenti karena urusan keuangan. Meski begitu, tahun 1589 dia mampu dapat posisi pengajar di Universitas itu. Beberapa tahun kemudian dia bergabung dengan Universitas Padua dan menetap disana hingga tahun 1610. Dalam masa ini lah dia menciptakan tumpukan penemuan-penemuan ilmiah.
Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih ringan. Tetapi Galileo lewat serentetan eksperimen dia membantah pendapat aristoteles itu. Yang benar adalah benda berat maupun benda ringan jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. Penemuan ini (Penyeragaman percepatan) memiliki arti penting tersendiri. Bahkan lebih penting lagi Galileo berkemampuan menghimpun hasil penemuannya dengan formula matematik. Penggunaan formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan moderen.
Sumbangan besar Galileo lainnya adalah penemuannya mengenai hukum kelambanan. Sebelumnya, orang percaya bahwa benda bergerak dengan sendirinya cenderung menjadi makin pelan dan sepenuhnya berhenti kalau saja tidak ada tenaga yang menambah kekuatan agar terus bergerak. Tapi percobaan-percobaan Galileo membuktikan bahwa anggapan itu keliru. Bilamana kekuatan melamban seperti misalnya pergeseran, dapat dihilangkan, benda bergerak cenderung tetap bergerak tanpa batas.
Penemuan Galileo yang paling masyur adalah dibidang astronomi. dia mengukuhkan teoriCopernicus bahwa bumi dan semua planet lainnya berputar mengelilingi matahari. Penemuan teleskop dan serentetan penemuan ini membuat Galileo jadi termasyur. sementara itu, dukungannya terhadap teori Copernicus menyebabkan dia berhadapan dengan kalangan gereja yang menentangnya habis-habisan. Pertentangan itu mencapai puncaknya di tahun 1616. Dia diperintahkan menahan diri menyebarkan hipotesa Copernicus. Baru sesudah paus meninggal tahun 1623, dia digantikan oleh orang yang mengagumi Galileo. Tahun berikutnya, Paus baru ini (Urban VIII) memberi pertanda walau samar-samar bahwa larangan buat Galileo tidak lagi dipaksakan.
Enam tahun berikutnya Galileo menghabiskan waktu menyusun karya ilmiahnya yang penting Dialog Tentang Dua Sistem Penting Dunia. Buku ini merupakan peragaan hebat hal-hal yang menyangkut dukungan terhadap teori Copernicus dan buku ini diterbitkan tahun 1632 dengan ijin sensor khusus dari gereja.
Baca Juga Artikel Menarik Dibawah Ini :
Dapat uang melalui internet

~ Team Penerbit ~ prabu ~ Jobs Police RI ~ Blogger Indonesia Raya ~

Prabu Helau DinataPenulis » prabu

Anda Telah Membaca Artikel Ber Judul » Galileo Galilei Label » Home » Prabu Helau Dinata

Terimakasih Atas Kunjungan Sobat Ke Blog Ini. Tinggalkan Jejak Dengan Cara Berkomentar Jangan Segan Untuk Kembali Bila Ingin Membaca Artikel Menarik terbaru Lainnya, Andai Menurut Sobat Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Share Via Share Button Diatas, Bila Sobat Berniat Share Dengan Cara COPAS, Di Mohon Untuk Menyertakan Link Sumber Dibawah

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Warning !!!!!! Dilarang Meninggalkan Link Aktif Di Isi Komentar, Dilarang Menggunakan Kata/Kalimat Atau Nama Berbau Porno & SARA



◄ Posting Baru Posting Lama ►